Kanji

Lomba Kanji adalah ajang untuk menguji kemampuan mengenai huruf kanji. Materi yang dilombakan merupakan pengetahuan umum mengenai huruf kanji, huruf kanji setingkat JLPT N4 dan N5, dan huruf kanji yang biasa digunakan dalam sehari-hari.

KETENTUAN UMUM

• Dilaksanakan pada 11 April 2020.

• Kuota untuk 20 pendaftar.

• Biaya pendaftaran: Rp90.000,00 /tim.

KRITERIA LOMBA

A. Persyaratan Lomba

• Satu tim beranggotakan 2 orang dari sekolah yang sama.

• Peserta merupakan WNI dan belum pernah tinggal di Jepang lebih dari 6 bulan.

• Peserta tidak diperbolehkan ikut apabila salah satu atau kedua orang tua peserta menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa ibu.

• Peserta tidak diperbolehkan ikut apabila sudah memenangkan perlombaan di IT sebelumnya.

• Peserta tidak memiliki sertifikat JLPT N3 setara ke atas dengan membawa bukti tanda tangan dari kepala sekolah dan bermaterai 6000.

• Membayar biaya pendaftaran dan melakukan pendaftaran sesuai alur yang telah ditentukan.

B. Teknis Perlombaan

Lomba terdiri atas tiga babak yaitu: penyisihan, semifinal, dan final.

Babak Penyisihan

- Soal yang diberikan merupakan tipe soal menulis yang terdiri dari 30 soal.

- Waktu yang diberikan adalah 40 menit.

- 12 tim dengan skor tertinggi akan melaju ke babak semifinal.

Tipe soal yang diberikan dalam babak penyisihan antara lain meliputi:

1. Soal Pilihan Ganda

Peserta mengerjakan soal berupa pilihan ganda. Peserta menandai salah satu jawaban yang dianggap benar. Jawaban benar bernilai 4 poin. Jawaban salah atau tidak menjawab tidak ada pengurangan poin.

2. Soal Isian Singkat

Peserta mengerjakan soal berupa isian singkat. Peserta akan diberikan kotak A dan B yang masing-masing terdiri dari beberapa kanji. Peserta menuliskan kosakata yang disusun dari kanji yang digabungkan dari kotak A dengan kotak B beserta cara baca dari kosakata tersebut. Jawaban benar bernilai 4 poin. Apabila jawaban salah atau tidak menjawab tidak ada pengurangan poin.

Babak Semifinal

- Soal akan ditampilkan di layar LCD.

- 12 tim yang terpilih akan dibagi dalam 3 sesi. Setiap sesi ada 4 tim, tiap sesi akan diambil 1 tim dengan skor tertinggi untuk masuk ke babak final.

- Jika dalam satu sesi ada lebih dari satu tim yang memiliki skor sama tertinggi, akan diadakan soal tambahan.

- Tim yang menjawab sebelum peluit dibunyikan dianggap salah dan tidak mendapatkan poin.

Tipe soal yang diberikan tiap sesi antara lain meliputi:

1. Soal Maru Batsu

Tiap tim disediakan papan maru/batsu untuk menjawab. Peserta diberi waktu 5 detik untuk menjawab. Peserta menjawab soal dengan mengangkat papan maru/batsu secara serempak. Peserta yang terlambat atau mengangkat papan terlebih dahulu sebelum peluit dibunyikan dianggap salah. Jawaban benar bernilai 10 poin. Jawaban salah atau tidak menjawab tidak ada pengurangan poin.

2. Soal Pilihan Ganda

Tipe soal ini bersifat adu cepat. Tiap soal akan diberikan 4 pilihan jawaban. Setelah pertanyaan diberikan, peserta tidak diperbolehkan langsung menjawab. Setelah panitia membunyikan peluit, salah satu anggota dari masing-masing tim dipersilahkan memencet bel. Tim yang memencet bel paling cepat berhak menjawab dengan suara yang keras dan jelas. Peserta diberi waktu 5 detik untuk menjawab. Tim yang menjawab lebih dulu dan benar mendapat 10 poin. Jawaban salah atau tidak menjawab tidak ada pengurangan poin.

3. Soal Amplop

Disediakan 4 buah amplop masing-masing berisi kalimat yang harus dibaca. Soal bersifat adu cepat. Tim yang berhak menjawab adalah tim yang memiliki skor tertinggi sementara. Tiap tim diberi waktu 5 detik untuk berpikir. Setelah panitia membunyikan peluit, peserta membaca kalimat yang terdapat di layar dalam waktu 15 detik. Jawaban benar bernilai 20 poin. Jawaban salah atau tidak menjawab tidak ada pengurangan poin. Soal tidak bisa dilempar.

Babak Final

- Soal akan ditampilkan di layar LCD.

- Akan ada 3 tim yang bertanding, setiap tim diberikan masing-masing papan tulis kecil, spidol, penghapus, dan papan maru/batsu untuk menjawab soal.

- Di akhir pertandingan, 3 tim tersebut akan mendapatkan juara 1, 2, dan 3.

- Tim yang menjawab sebelum peluit dibunyikan dianggap salah dan tidak mendapatkan poin.

- Ketiga juara tersebut akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, trofi, dan sertifikat.

Tipe soal yang diberikan dalam babak final antara lain meliputi:

1. Soal Menulis

Peserta menggunakan papan tulis kecil dan spidol untuk menuliskan jawaban. Bentuk soal dalam tipe ini antara lain sebagai berikut:

• Soal Adu Jumlah

Diberikan waktu 60 detik untuk menuliskan jawaban sebanyak-banyaknya. Tim yang menjawab paling banyak dan benar akan mendapat 30 poin.

• Soal Adu Cepat

Setelah soal diberikan, peserta disediakan waktu 20 detik untuk menulis. Setelah panitia meniupkan peluit, peserta diperbolehkan memencet bel. Tim yang memencet bel paling cepat berhak menunjukkan jawaban yang telah ditulis sebelumnya. Jawaban benar bernilai 20 poin. Jawaban salah tidak ada pengurangan poin. Soal tidak dapat dilempar.

2. Soal Teka-Teki Silang

Disediakan teka-teki silang dengan soal mendatar dan menurun. Peserta dengan skor tertinggi sementara akan memilih soal terlebih dahulu. Setelah soal diberikan, peserta akan diberi waktu 25 detik untuk menulis jawaban di papan tulis. Panitia akan memberikan aba-aba agar peserta menekan bel. Tim yang menekan bel paling cepat berhak menunjukkan jawabannya kepada juri. Jawaban benar bernilai 30 poin. Jawaban salah poin dikurangi -10. Soal tidak dapat dilempar.

3. Soal Kotak Final

Disediakan beberapa kotak. Setiap kotak berisi satu pertanyaan dengan rentang 10-60 poin. Setiap pertanyaan akan dilengkapi petunjuk cara menjawab. Soal yang diberikan meliputi tipe soal maru/batsu, pilihan ganda, menulis, membaca, dan percakapan. Tim yang menjawab dengan benar akan mendapat poin sesuai dengan yang tertera dalam kotak. Soal tidak dapat dilempar.

C. Peraturan

Lomba

• Wajib mengikuti technical meeting pada tanggal yang telah ditentukan.

• Melakukan registrasi ulang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

• Membawa kartu identitas dan surat keterangan belum pernah mengikuti JLPT N3 dari kepala sekolah bermaterai saat melakukan registrasi ulang.

• Peserta yang mengikuti perlombaan harus beranggota tetap dan dilarang diwakilkan.

• Peserta wajib datang 10 menit sebelum perlombaan dimulai. Akan diberikan panggilan tiga kali apabila ada peserta yang belum datang. Tidak ada tambahan waktu yang diberikan bagi peserta yang terlambat.

• Saat lomba berlangsung peserta dilarang mengeluarkan buku catatan atau alat komunikasi. Sebelum lomba dimulai akan ada pengecekan dari panitia.

• Peserta tidak diperbolehkan berkomunikasi dengan tim lain maupun penonton dan pendamping selama perlombaan.

• Untuk soal menulis, peserta diharapkan menulis jawaban dengan besar dan jelas. Tulisan yang terlalu kecil atau tidak jelas akan dianggap salah.

• Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu.

• Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Penonton

• Tidak diperbolehkan mengganggu jalannya perlombaan.

• Dilarang memberikan petunjuk maupun jawaban kepada peserta dalam bentuk apapun. Jika terjadi kecurangan panitia berhak memberikan sanksi berupa pengurangan nilai sejumlah 100 poin terhadap peserta yang bersangkutan.

• Pendamping dan pengunjung diharapkan untuk selalu kondusif saat perlombaan berlangsung.

• Pendamping dan pengunjung dilarang mengambil gambar dalam bentuk apapun tanpa izin dari panitia.

• Dilarang merokok dan tidak meninggalkan sampah.

D. Kriteria Penilaian

Peserta dianggap menang apabila lolos dari semua babak perlombaan yaitu: penyisihan, semifinal, dan final.

Contact Person: Kusuma (083897835141 (WA))