Cerdas Cermat

Lomba Cerdas Cermat adalah ajang mengadu pengetahuan umum siswa SMA tentang bunpou, goi, bunka, rekishi dan ippan Jepang.

KETENTUAN UMUM

• Dilaksanakan pada 11 April 2020.

• Peserta adalah siswa SMA/sederajat.

• Berkelompok (3 orang per kelompok).

• Kuota untuk 32 tim pendaftar.

• Biaya pendaftaran: Rp. 100.000,00/kelompok.

KRITERIA LOMBA

A. Persyaratan Lomba

• Membayar biaya pendaftaran.

• Wajib mengikuti technical meeting pada tanggal yang telah ditentukan oleh panitia.

• Tiap tim beranggotakan 3 orang dari sekolah yang sama.

• Tiap sekolah maksimal mendaftarkan 2 tim sebagai peserta.

• Para peserta wajib mengenakan seragam sekolah.

• Peserta yang berpartisipasi belum pernah tinggal dan menempuh pendidikan di Jepang.

• Bagi peserta yang sudah memiliki sertifikat JLPT N3 atau setara dengan JLPT N3 dilarang berpartisipasi.

B. Teknis Perlombaan

• Peserta melakukan registrasi dan mendapatkan kartu peserta.

• Lomba terdiri dari 4 babak yaitu babak penyisihan, perempat final, semifinal, dan final.

BABAK PENYISIHAN

Merupakan tes tulis yang terdiri dari:

a) 15 soal pilihan ganda.

b) 15 soal isian singkat.

c) Dalam babak penyisihan akan ada 32 tim yang mengerjakan tes.

d) 16 tim dengan nilai tertinggi akan masuk ke babak perempat final.

e) Soal pilihan ganda maupun soal isian singkat terdiri dari kategori bunpou, goi, bunka dan ippan.

f) Waktu mengerjakan soal 45 menit.

g) Jika jawaban salah nilai tidak akan dikurangi.

h) Jika terbukti melakukan pelanggaran peserta akan didiskualifikasi.

i) Peserta yang terlambat diperbolehkan mengikuti tes, namun tidak ada tambahan waktu.

j) Grup semula berjumlah 45 tim yang akan disaring menjadi 16 tim untuk babak semifinal.

BABAK PEREMPAT FINAL

Terdapat empat kali pertandingan, setiap pertandingan terdapat empat tim yang bertanding dan dibagi menjadi tiga sesi:

a) Maru Batsu

Terdapat lima soal berupa bunpo, ippan, bunka, goi, dan rekishi. Peserta diberi waktu 5 detik untuk berpikir. Setelah peluit dibunyikan, peserta diwajibkan mengangkat jawaban berupa maru/batsu secara serempak. Nilai benar adalah 10 poin. Jika salah, hangus (terlambat, terlalu cepat, menurunkan jawaban sebelum skor ditulis, mengganti jawaban sebelum skor ditulis), atau tidak menjawab nilai tidak dikurangi.

b) Kotak Perempat Final

Terdapat 12 kotak di setiap pertandingan yang harus dijawab oleh peserta. Di setiap kotak hanya ada satu pertanyaan dan setiap amplop mempunyai nilai masing-masing berkisar 100-150. Soal terdiri dari bunka, goi, rekishi, dan bunpo. Peserta diberi waktu 20 detik untuk berpikir serta menjawab. Soal bersifat rebutan dan tidak dilempar. Apabila tim yang menjawab salah, nilai dikurangi 10 poin. Apabila tidak ada tim yang menjawab setelah peluit dibunyikan (detik ke-21), poin seluruh tim dikurangi 10.

c) Acak Kata

Menyusun kata agar menjadi kalimat yang baik dan benar. Satu kali pertandingan terdapat 3 soal yang harus diperebutkan melalui pemencetan bel. Terdapat 6-7 kata pilihan (termasuk partikel), dan peserta harus menyusun sebuah kalimat yang benar dari kata tersebut. Peserta diberi waktu 25 detik untuk berpikir serta menjawab. Jawaban benar mendapat poin 100 dan jika salah nilai tidak dikurangi. Jika tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan (menandakan detik ke-26) maka seluruh tim akan dikurangi 10 poin. Soal bersifat rebutan dan tidak dilempar.

- Berjumlah 16 tim yang akan disaring lagi menjadi 8 tim untuk babak semifinal.

- Babak Tambahan (jika ada tim yang mempunyai nilai sama).

BABAK SEMI FINAL

Terdapat 2 kali pertandingan, setiap pertandingan terdapat 4 tim yang bertanding dan dibagi menjadi 3 babak:

a) Maru Batsu

Terdapat 10 soal berupa bunpo, ippan, bunka, goi, dan rekishi. Setiap soal peserta akan diberi waktu 5 detik untuk berpikir. Setelah peluit dibunyikan peserta diwajibkan mengangkat jawaban berupa maru/batsu secara serempak. Nilai benar adalah 10 poin. Jika salah, hangus (terlambat, terlalu cepat menurunkan jawaban sebelum skor ditulis, atau mengganti jawaban sebelum skor ditulis), atau tidak menjawab nilai akan dikurangi 5 poin.

b) Kotak Semifinal

Terdapat 20 kotak setiap pertandingan yang harus dijawab oleh peserta. Setiap kotak hanya ada satu pertanyaan dan setiap kotak mempunyai nilai masing-masing berkisar 100-150. Soal terdiri dari goi, bunka, ippan, rekishi, bunpo, gesture dan suugaku. Peserta diberi waktu 20 detik (30 detik untuk suugaku) untuk berpikir serta menjawab. Jika jawaban salah, tim yang menjawab akan dikurangi setengah dari poin yang tertera pada soal dan pertanyaan tidak dilempar. Jika jawaban benar, tim yang menjawab akan ditambah poin sesuai yang tertera pada soal. Jika tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan (menandakan detik ke-21 (ke-31 untuk suugaku)), seluruh tim akan dikurangi 10 poin. Soal bersifat rebutan.

c) Acak Kata

Menyusun kata agar menjadi kalimat yang baik dan benar.Satu kali pertandingan terdapat 5 soal yang diperebutkan melalui pemencetan bel. Terdapat 9 kata pilihan (termasuk partikel), dan peserta hanya boleh menyusun 5-8 kata dari pilihan tersebut. Peserta diberi waktu 30 detik untuk berpikir serta menjawab. Peserta dengan jawaban benar mendapat poin 100 dan jika salah dikurangi 50 poin. Jika tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan (detik ke-31) maka seluruh tim akan dikurangi 10 poin. Soal bersifat rebutan dan tidak dilempar.

- Setiap pertandingan akan diambil 2 tim terbaik untuk maju ke babak selanjutnya.

- Babak semifinal terdiri dari 8 tim yang akan disaring lagi menjadi 4 tim untuk babak final.

BABAK FINAL

Terdapat 1 kali pertandingan yang dibagi menjadi 3 babak, yaitu:

a) Maru Batsu

Terdapat 15 soal berupa bunpo, ippan, bunka, goi, dan rekishi. Peserta diberi waktu 5 detik untuk berpikir. Peserta diwajibkan mengangkat jawaban berupa maru/batsu secara serempak ketika peluit dibunyikan. Nilai benar adalah 20 poin. Jika salah, hangus (terlambat, terlalu cepat menurunkan jawaban sebelum skor ditulis, mengganti jawaban sebelum skor ditulis), atau tidak menjawab nilai dikurangi 5 poin.

b) Kotak Final

Terdapat 25 soal kotak yang harus dijawab oleh peserta. Soal terdiri dari goi, bunka, ippan, rekishi, bunpo, gesture, dan suugaku. Peserta diberi waktu 25 detik (35 detik untuk suugaku) untuk berpikir serta menjawab soal. Nilai berkisar antara 100-200 poin. Jika jawaban benar, tim yang menjawab akan ditambah poin sesuai yang tertera pada soal. Jika jawaban salah, tim yang menjawab akan dikurangi sesuai poin. Pertanyaan akan dilempar pada tim lain. Jika setelah peluit dibunyikan (menandakan berakhirnya kesempatan untuk menjawab soal, detik ke-26 (ke-36 untuk suugaku)) tidak ada peserta yang memencet bel, seluruh tim akan dikurangi 20 poin. Soal bersifat rebutan.

c) Babak Rebutan

Terdapat 15 soal dengan lima jenis soal yang berbeda:

1. Mengisi kalimat rumpang dalam bahasa Jepang. Soal bernilai 100-150 poin. Peserta diberi waktu 15 detik. Apabila salah menjawab, tim yang menjawab dikurangi dengan poin yang tertera pada soal. Jika dalam satu pertanyaan tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan, seluruh tim akan dikurangi 20 poin;

2. Soal puzzle. Berupa delapan kotak yang menutupi sebuah gambar. Setiap kotak yang dibuka kecuali kotak pertama (setiap 5 detik) bernilai -10 poin poin awal 70;

3. Menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jepang. Jawaban benar bernilai 80-150 tergantung tingkat kesulitan soal. Peserta diberi waktu 15 detik. Jika dalam satu pertanyaan tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan, seluruh tim akan dikurangi 20 poin.

4. Soal Ippan yang berhubungan dengan Uchuu (ruang angkasa). Peserta diberi waktu 15 detik untuk beripikir serta menjawab soal. Soal bernilai 50-100 poin. Apabila salah menjawab, tim yang menjawab dikurangi dengan poin yang tertera pada soal. Jika dalam satu pertanyaan tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan, seluruh tim akan dikurangi 20 poin.

5. Soal menjelaskan gambar. Soal berupa gambar dan peserta menjawab dengan menjelaskan maksud gambar yang tertera dalam bahasa Jepang. Setiap peserta diberi waktu 15 detik untuk berpikir dan menjawab soal. Soal bernilai 100-150 poin. Apabila salah menjawab, tim yang menjawab dikurangi dengan poin yang tertera pada soal. Jika dalam satu pertanyaan tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan, maka seluruh tim akan dikurangi 20 poin.

- Babak Final terdiri dari 4 tim yang nantinya langsung ditentukan juara 1, 2, dan 3.

C. Peraturan

Lomba

• Sebelum pertandingan dimulai, peserta diharuskan mempersiapkan diri dalam waktu 5 menit. Jika setelah 5 menit peserta belum datang, peserta akan dipanggil 3 kali oleh MC. Apabila setelah pemaanggilan tersebut peserta masih tidak hadir secara otomatis akan didiskualifikasi.

• Untuk babak penyisihan apabila terlambat diperbolehkan untuk mengikuti lomba namun tidak ada tambahan waktu untuk menjawab soal.

• Saat babak penyisihan berlangsung hanya panitia dan peserta yang boleh berada di dalam ruangan.

• Peserta dilarang membawa dan menggunakan buku dan handphone saat maju.

• Peserta diharuskan mencermati pertanyaan yang ada. Jika pertanyaan menulis, peserta dapat mengambil kertas yang disediakan panitia. Jika pertanyaan menjawab, peserta dapat menggunakan mikrofon yang disediakan panitia, dsb.

• Sebelum memencet bel, tangan peserta harus berada di samping bel dan tidak boleh menyentuh area sekitar bel.

• Peserta dilarang memencet bel secara kasar atau merusak bel. Jika demikian, nilai akan dikurangi 50 poin untuk teguran pertama. Dalam teguran kedua akan dikurangi 100. Apabila bel yang digunakan rusak setelah dipencet secara kasar, peserta akan diminta ganti rugi bel tersebut.

• Untuk suugaku peserta diperbolehkan mulai menghitung saat soal dibacakan. Peserta diperbolehkan menggunakan kertas yang disediakan panitia untuk media menghitung.

• Nilai akhir adalah akumulasi nilai setiap babak (maru/batsu, kotak, dst), bukan akumulasi dari babak sebelumnya.

• Jika ada 2 tim atau lebih mempunyai nilai sama pada akhir setiap babak inti, akan ada pertanyaan rebutan untuk menentukan tim yang akan maju ke babak selanjutnya. Tetapi jika tim yang nilainya sama itu tidak mampu menjawab maksimal 3 soal rebutan tersebut, tim yang akan maju ke babak selanjutnya akan ditentukan dengan pemencetan bel.

• Keputusan juri adalah sah dan tidak dapat diganggu gugat.

Penonton

• Penonton atau suporter dilarang memberikan petunjuk jawaban dalam bentuk apapun kepada para peserta. Jika demikian, nilai peserta dari sekolah tersebut akan dikurangi 200 poin.

• Penonton diwajibkan tenang saat pertandingan berlangsung dan hanya boleh bertepuk tangan saat awal pertandingan (pemanggilan tim) dan akhir pertandingan.

D. Kriteria Penilaian

Peserta dianggap menang apabila lolos dari semua babak perlombaan yaitu babak penyisihan, babak perempat final, babak semifinal, dan babak final.

Contact Person: Cintya Dara (082143255423 (WA))