Tentang Kami

Latar Belakang Isshoni Tanoshimimashou

Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya merupakan lembaga penyedia pendidikan bahasa Jepang di wilayah Jawa Timur, secara langsung bertanggung jawab untuk meluaskan sumber daya manusia yang dapat ikut andil dalam perusahaan Jepang dan sektor pariwisata yang saat ini berkembang di Indonesia.

Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya mencoba menjawab tuntutan tersebut melalui ajang kompetisi berbahasa Jepang antar pelajar SMA sederajat se-Indonesia yang sampai pada tahun 2018 kegiatan ini sudah berjalan sebanyak 13 kali. Mengingat kesuksesan acara berhakikat sama yang pernah diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Jepang Universitas Brawijaya di tingkat Jawa Timur dan Bali pada tahun 2007 sampai 2013, tingkat Jawa dan Bali pada tahun 2014, tingkat Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat pada tahun 2015, dan pada tahun 2016 berkembang hingga Jawa, Bali, dan Kalimantan. Selain dalam mengembangkan pengetahuan pelajar SMA, juga diadakan perlombaan tingkat umum untuk mengembangkan bakat dan kemampuan dalam hal pengetahuan akan budaya Jepang.

Selain dalam mengembangkan pengetahuan pelajar dan masyarakat umum melalui kompetisi, kami juga melihat semakin berkembangnya pengaruh budaya Jepang di Indonesia seperti budaya pop, budaya pakaian, musik, anime dan manga dari Jepang. Untuk itu, mahasiswa Sastra Jepang mencoba menjawab tuntutan tersebut melalui Festival Jepang yang didalamnya terdapat berbagai macam kompetisi, performance, pameran, dan bazar.

Dengan mengadakan kegiatan “ISSHONI TANOSHIMASHOU 14”, Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya turut berpartisipasi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Jepang pada masyarakat Indonesia, serta turut berperan untuk berkontribusi pada pembangunan Indonesia terutama dalam hal pendidikan dan kreativitas serta pemberdayaan SDM (sumber daya manusia).

Tujuan Kegiatan

• Memperkenalkan program studi Sastra Jepang kepada siswa SMA, mahasiswa, dan khalayak umum.

• Memberikan wadah untuk berkompetisi dan berkreasi dalam hal yang berhubungan dengan bahasa dan budaya Jepang

• Mewujudkan Festival Jepang yang didalamnya mengandung makna dari nama festival itu sendiri yaitu “Mari bersenang-senang bersama”

Pelaksanaan Kegiatan

• Hari & Tanggal : Sabtu-Minggu, 20 - 21 April 2019

• Tempat : Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawajiya

Sasaran Kegiatan

Acara Isshoni Tanoshimimashou 14 ini diperuntukan untuk kaum pelajar serta umum dikarenakan inti dari acara ini adalah ajang kompetisi bagi kalangan pelajar dan festival Jepang yang bertemakan petualangan di langit yang dapat dinikmati oleh kalangan umum.

Tema Kegiatan

Isshoni Tanoshimimashou 14 kali ini mengangkat tema “Sora no Bouken” ( 空の冒険 ) yang berarti petualangan di langit. Acara Isshoni Tanoshimimashou 14 akan membawakan suasana petualangan langit ke dalam festival kebudayaan Jepang sehingga pengunjung akan merasakan suasana berpetualang di langit dalam acara ini. Di dalam acara ini juga terdapat rangkaian acara unik yang menggambarkan ciri khas festival jepang seperti bon odori dan omikoshi.

Rangkaian Kegiatan

A. Hari Pertama ( 20 April 2019 )

1. Lomba Tingkat SMA

• Lomba Cerdas Cermat

• Lomba Kanji

• Lomba Shodou (seni kaligrafi)

• Lomba Roudoku (membaca teks)

• Lomba Benron (pidato)

• Lomba Manga

• Lomba Kikikakitori

2. Lomba Tingkat Umum

• Lomba Karaoke

• Lomba Dance Cover

B. Hari Kedua ( 21 April 2019 )

Performance

Penampilan menarik dari band-band yang menyanyikan lagu-lagu berbahasa Jepang, dance cover, dan akustik yang akan memeriahkan acara IT 14.

Lomba Cosplay (Costume Play)

Lomba ini ditujukan untuk umum, di mana para cosplayer akan berkompetisi dalam tampil mengenakan kostum karakter fiksi.

Parade Omikoshi

Omikoshi (お神輿) adalah kuil Shinto kecil yang diarak ketika festival-festival di Jepang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Isshoni Tanoshimimashou 14 juga menghadirkan parade omikoshi yang akan dimeriahkan oleh shodou performance (penampilan pembuatan kaligrafi Jepang ) dan tarian tradisional Jepang yaitu yosakoi.

Webcomic Class

Dalam rangka meramaikan Industri Ekonomi Kreatif terutama Industri komik di Indonesia,Isshoni Tanoshimimashou 14 menghadirkan salah satu acara yaitu Webcomic Class. Webcomic Class merupakan sarana untuk memberikan kesempatan bagi para penggemar dan penikmat webcomic di seluruh Indonesia, khususnya Jawa Timur dan sekitarnya, untuk bertemu dan berbincang dengan komikus idola. Ada banyak hal yang bisa didapat di Webcomic Class seperti meet and greet, talk show, fans signing dan tentunya menambah wawasan dalam dunia webcomic. Dalam Webcomic Class juga terdapat berbagai pembahasan webcomic yang menarik serta bermanfaat bagi pengunjung yang tertarik untuk membuat webcomic. Selain itu pengunjung juga berpeluang untuk mendapat merchandise official dari komikus dalam acara ini. (HTM : Rp. 40.000.-)

Obake Yashiki (お化け屋敷)

Obake Yashiki ( rumah hantu ) adalah salah satu wahana di IT 14. Seperti namanya, wahana ini dibuat untuk menguji keberanian dan sekaligus menghibur pengunjung dengan suasana mencekam khas Jepang dan juga tantangan menarik yang harus dilalui pengunjung rumah hantu.

Maid café

Maid café adalah sebuah café yang memiliki konsep tertentu, dimana pelanggan dapat menikmati makanan khas negeri sakura dan dilayani oleh maid dan butler. Maid café tahun ini mengangkat tema “Traditional Japan”.

Yukata Photobooth

Dalam wahana ini, pengunjung dapat merasakan sensasi memakai pakaian tradisional Jepang (Yukata). Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto mengunakan yukata dengan setting tradisional Jepang.

Rewind

Adalah sebuah pameran yang mengingatkan pengunjung akan kenangan pada suatu tema tertentu. Rewind Isshoni Tanoshimimashou 14 ini mengangkat tema “Sora” (Langit).

Shodou Gallery

Shodou gallery adalah salah satu wahana yang memamerkan berbagai macam kaligrafi Jepang. Pengunjung dapat menikmati karya-karya shodou dan juga mendapatkan pengetahuan mengenai seni kaligrafi Jepang.

Meet and Greet

Kegiatan ini diperuntukan bagi pengunjung yang ingin bertemu dan menyapa secara langsung guest star yang diundang ke acara Isshoni Tanoshimimashou 14. Pengunjung bisa bersalaman langsung atau meminta tandatangan dan berfoto bersama guest star tersebut.

Gion Maturi

Gion Matsuri ( 祇園祭 ) adalah salah satu fetival di Jepang. Dalam acara ini, akan ada sekumpulan orang yang membawa lampion, acara ini diadakan sebelum Bon Odori.

Bon Odori

Bon Odori ( 盆踊り) adalah tarian rakyat tradisional Jepang. Dalam acara ini, Bon odori akan dilaksanakan di penghujung acara di mana penari akan menari mengelilingi api bersama-sama.

Hanabi

Hanabi (花火) atau dalam bahasa Indonesia adalah kembang api merupakan penutup dari acara Isshoni Tanoshimimashou 14 yang dilakukan setelah Gion Matsuri.

Denah Lokasi

Denah

Sosial Media Kami