Kanji

Kanji

Lomba Kanji adalah ajang untuk menguji kemampuan mengenai huruf kanji. Materi yang dilombakan merupakan pengetahuan umum mengenai kanji, kanji setingkat JLPT N4, dan kanji yang biasa digunakan sehari-hari

• Dilaksanakan pada tanggal 20 April 2019.

• Kuota untuk 20 pendaftar.

• Biaya pendaftaran: Rp 85.000/tim.

KRITERIA LOMBA

A. Persyaratan Lomba

• Tiap kelompok beranggotakan 2 orang dari sekolah yang sama.

• Peserta merupakan WNI dan belum pernah tinggal di Jepang lebih dari 6 bulan.

• Peserta tidak diperbolehkan ikut apabila salah satu atau kedua orang tua peserta menggunakan Bahasa Jepang sebagai bahasa ibu.

• Peserta tidak memiliki sertifikat JLPT N3 ke atas.

• Membayar biaya pendaftaran dan melakukan pendaftaran sesuai alur yang telah ditentukan.

B. Teknis Perlombaan

Lomba terdiri atas tiga babak, yaitu: penyisihan, semifinal, dan final.

• Babak Penyisihan

• Soal yang diberikan merupakan tipe soal menulis yang terdiri dari 30 soal.

• Waktu yang diberikan adalah 40 menit.

• 12 tim dengan skor tertinggi akan melaju ke babak semi final.

• Tipe soal yang diberikan dalam babak penyisihan antara lain meliputi:

1. Soal Pilihan Ganda

Peserta mengerjakan soal berupa pilihan ganda. Peserta menandai salah satu jawaban yang dianggap benar. Jawaban benar bernilai 4 poin. Jawaban salah atau tidak menjawab, tidak ada pengurangan poin.

2. Soal Isian Singkat

Peserta mengerjakan soal berupa isian singkat. Peserta akan diberikan kotak A dan B yang masing-masing terdiri dari beberapa kanji. Peserta menuliskan kosakata yang disusun dari kanji yang digabungkan dari kotak A dengan kotak B beserta cara baca dari kosakata tersebut. Jawaban benar bernilai 4 poin. Apabila jawaban salah atau tidak menjawab, tidak ada pengurangan poin.

• Babak Semi Final

• Soal akan ditampilkan di layar LCD.

• 12 tim yang terpilih akan dibagi dalam 3 sesi, setiap sesi ada 4 tim, tiap sesi akan diambil 1 tim dengan skor tertinggi untuk masuk ke babak final.

• Jika dalam satu sesi ada lebih dari satu tim yang memiliki skor tertinggi yang sama, maka akan diadakan soal tambahan berupa soal adu cepat.

• Tipe soal yang diberikan tiap sesi antara lain meliputi:

1. Soal Maru Batsu

Tiap tim disediakan papan maru batsu untuk menjawab. Peserta diberi waktu 5 detik untuk menjawab. Peserta menjawab soal dengan mengangkat papan maru / batsu secara serempak. Peserta yang terlambat atau mengangkat papan terlebih dahulu sebelum peluit dibunyikan dianggap salah. Jawaban benar bernilai 10 poin. Jawaban salah atau tidak menjawab tidak ada pengurangan poin.

2. Soal Pilihan Ganda

Tipe soal ini bersifat adu cepat. Tiap soal akan diberikan 4 pilihan jawaban. Setelah pertanyaan diberikan, peserta tidak diperbolehkan langsung menjawab. Setelah panitia memberikan aba-aba, salah satu anggota dari masing-masing tim dipersilahkan memencet bel. Tim yang memencet bel paling cepat berhak menjawab dengan suara yang keras dan jelas. Peserta diberi waktu 5 detik untuk menjawab. Tim yang menjawab lebih dulu dan benar mendapat 10 poin. Soal akan dilempar ke tim lain apabila salah satu tim tidak bisa menjawab Jika tim lain menjawab dengan benar, maka akan mendapatkan 5 poin. Jawaban salah atau tidak menjawab tidak ada pengurangan poin.

3. Soal Amplop

Disediakan 4 buah amplop masing-masing berisi kalimat yang harus dibaca. Soal ini bersifat adu cepat. Tim yang berhak menjawab adalah tim yang memiliki skor tertinggi. Tiap tim diberi waktu 5 detik untuk berpikir. Setelah panitia memberikan instruksi, peserta membaca kalimat yang terdapat di layar dalam waktu 15 detik. Jawaban benar bernilai 20 poin. Soal tidak bisa dilempar. Jawaban salah atau tidak menjawab tidak ada pengurangan poin.

• Babak Final

• Soal akan ditampilkan di layar LCD.

• Akan ada 3 tim yang bertanding, setiap tim diberikan masing-masing papan tulis kecil, spidol, penghapus, dan papan maru batsu untuk menjawab soal.

• Di akhir pertandingan, 3 tim tersebut akan mendapatkan juara 1, 2, dan 3.

• Tipe soal yang diberikan dalam babak final antara lain meliputi:

1. Soal Menulis

Peserta menggunakan papan tulis kecil dan spidol untuk menuliskan jawaban. Bentuk soal dalam tipe ini antara lain sebagai berikut.

2. Soal Adu Jumlah

Diberikan waktu 60 detik untuk menuliskan jawaban sebanyak-banyaknya. Tim yang menjawab paling banyak dan benar akan mendapat 30 poin.

3. Soal Adu Cepat

Setelah soal diberikan, peserta disediakan waktu untuk menulis. Setelah panitia memberikan aba-aba, peserta diperbolehkan memencet bel. Tim yang memencet bel paling cepat berhak menunjukkan jawaban yang telah ditulis sebelumnya. Jawaban benar bernilai 20 poin. Jawaban salah tidak ada pengurangan poin. Soal tidak dapat dilempar.

4. Soal Teka-Teki Silang

Disediakan teka-teki silang dengan soal mendatar dan menurun. Peserta dengan skor tertinggi akan memilih soal terlebih dahulu. Setelah soal diberikan, peserta akan diberi waktu untuk menulis jawaban di papan tulis. Panitia akan memberikan aba-aba agar peserta menekan bel. Tim yang menekan bel paling cepat berhak menunjukkan jawabannya kepada juri. Jawaban benar bernilai 30 poin. Apabila jawaban yang diberikan salah,akan ada pengurangan poin -10. Soal tidak dapat dilempar.

5. Soal Kotak Final

Disediakan beberapa kotak. Setiap kotak berisi satu pertanyaan dengan rentang poin 10-50. Setiap pertanyaan akan dilengkapi petunjuk cara menjawab. Soal yang diberikan meliputi tipe soal maru batsu, pilihan ganda, menulis, dan membaca. Tim yang menjawab dengan benar akan mendapat poin sesuai dengan yang tertera dalam kotak. Soal tidak dapat dilempar.

C. Peraturan

• Lomba

• Wajib mengikuti technical meeting pada tanggal yang telah di tentukan.

• Melakukan registrasi ulang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

• Membawa kartu identitas saat melakukan registrasi ulang.

• Peserta yang mengikuti perlombaan harus beranggota tetap dan dilarang diwakilkan.

• Peserta wajib datang 10 menit sebelum perlombaan dimulai. Akan diberikan panggilan 3 kali apabila ada peserta yang belum datang. Tidak ada tambahan waktu yang diberikan bagi peserta yang terlambat.

• Saat lomba berlangsung, peserta dilarang mengeluarkan buku catatan ataupun alat komunikasi. Sebelum lomba dimulai akan ada pengecekan dari panitia.

• Peserta tidak diperbolehkan berkomunikasi dengan tim lain maupun penonton dan pendamping selama perlombaan.

• Untuk soal menulis, peserta diharapkan menulis jawaban dengan besar dan jelas. Tulisan yang terlalu kecil atau tidak jelas akan dianggap salah.

• Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

• Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu.

• Pendamping dan Pengunjung

• Tidak diperbolehkan mengganggu jalannya perlombaan

• Dilarang memberikan petunjuk maupun jawaban kepada peserta dalam bentuk apapun. Jika terjadi kecurangan, maka panitia berhak memberikan sanksi berupa pengurangan nilai sejumlah 100 poin terhadap peserta yang bersangkutan.

• Pendamping dan pengunjung diharapkan untuk selalu kondusif saat perlombaan berlangsung.

D. Kriteria Penilaian

Peserta dianggap menang apabila lolos dari semua babak perlombaan, yaitu: penyisihan, semi final, dan final

PERATURAN LOMBA KANJI KLIK DISINI

Contact Person Lomba Kanji : Zendy (085254684018 (WA))

HADIAH LOMBA KANJI

Juara 1 : Rp 550.000 + Trophy +Sertifikat

Juara 2 : Rp 350.000 + Trophy +Sertifikat

Juara 3 : Rp 200.000 + Trophy +Sertifikat

Sosial Media Kami

Sponsor & Media Partner Kami

Sponsor & Media Partner