Cerdas Cermat

Cerdas Cermat

Lomba Cerdas Cermat adalah ajang mengadu pengetahuan umum siswa SMA tentang bunpou, goi, bunka, rekishi dan ippan Jepang.

• Dilaksanakan pada tanggal 20 April 2019

• Peserta adalah siswa SMA/sederajat.

• Kuota untuk 32 tim pendaftar dan Berkelompok (3 orang per kelompok)

• Biaya pendaftaran: Rp 100.000,00/kelompok.

KRITERIA LOMBA

A. Persyaratan Lomba

• Membayar biaya pendaftaran.

• Wajib mengikuti technical meeting pada tanggal yang ditentukan.

• Tiap tim beranggotakan 3 orang dari sekolah yang sama.

• Maksimal 2 tim tiap sekolah.

• Para peserta wajib mengenakan seragam sekolah.

• Peserta yang berpartisipasi belum pernah tinggal di Jepang minimal 3 bulan.

• Peserta yang memiliki sertifikat N3 dilarang berparsitipasi.

B. Teknis Perlombaan

• Peserta melakukan registrasi dan mendapatkan kartu peserta.

• Lomba terdiri dari 4 babak, yaitu babak penyisihan, perempat final, semi final, dan final.

Babak Penyisihan

Merupakan tes tulis yang terdiri dari:

- 15 soal pilihan ganda dan 15 soal isian singkat .

- Dalam babak penyisihan akan ada 45 tim yang mengerjakan tes .

- 16 tim dengan nilai tertinggi akan masuk ke babak perempat final.

- Soal pilihan ganda maupun soal isian singkat terdiri dari bunpou, goi, bunka dan ippan

- Waktu mengerjakan soal 45 menit. Jawaban salah, poin tidak dikurangi.

- Jika terbukti melakukan pelanggaran peserta akan didiskualifikasi

- Jika terlambat tidak ada tambahan waktu.

Babak Perempat Final

Terdapat empat kali pertandingan, setiap pertandingan terdapat tiga tim yang bertanding, dan dibagi menjadi tiga sesi:

1. Maru Batsu

Soal terdiri dari 5 soal dengan kategori bunpou, goi, bunka ippan, dan rekishi Setiap soal, dengan waktu berfikir 5 detik. Setelah peluit dibunyikan peserta harus mengangkat jawaban berupa maru/batsu secara serempak. Nilai benar adalah 10 poin, jika terlambat, terlalu cepat, menurunkan jawaban sebelum skor ditulis, mengganti jawaban sebelum skor ditulis maka dianggap tidak menjawab.

2. Kotak Perempat Final

Terdapat 12 kotak. Di setiap kotak ada satu pertanyaan dengan poin masing-masing 100-150. Soal terdiri dari bunka, goi, rekishi, bunpou. Peserta diberi waktu 20 detik untuk menjawab. Soal bersifat rebutan dan tidak dilempar. Apabila tim salah menjawab, maka nilai dikurangi 10 poin. Jika tidak ada yang menjawab di detik 21, maka poin seluruh tim dikurangi 10. Jika ada tim yang memencet bel sebelum soal dibacakan maka tim tersebut dikurangi 10 poin.

3. Acak Kata

Terdapat sekumpulan kata yang harus disusun menjadi sebuah kalimat. Terdiri dari 5 soal yang akan direbutkan oleh semua peserta. Peserta diberikan waktu 10 detik untuk berpikir sebelum diperbolehkan memencet bel. Jika jawaban benar peserta mendapat nilai 100, jika salah dikurangi 10 poin dan pertanyaan ini tidak dilempar.

- Berjumlah 16 tim yang akan disaring lagi menjadi 8 tim untuk babak semi final

- Babak Tambahan (jika ada tim yang mempunyai nilai sama).

Babak Semi Final

Terdapat 2 kali pertandingan, setiap pertandingan terdapat 4 tim yang bertanding, dan dibagi menjadi 3 babak:

1. Maru Batsu

Ketentuan soal maru batsu sama seperti babak pertama. Soal terdiri dari 10 soal. Soal benar bernilai 10 poin, Akan tetapi apabila salah menjawab akan dikurangi 5 poin.

2. Kotak Semifinal

Terdiri dari 20 kotak. Setiap kotak hanya ada satu pertanyaan, dan setiap kotak mempunyai nilai masing-masing berkisar 100-150 poin.Soal terdiri dari goi, bunka, ippan, rekishi, bunpou, gesture dan suugaku. Peserta diberi waktu 20 detik (30 detik untuk suugaku) untuk berpikir serta menjawab. Jika jawaban salah, tim yang menjawab akan dikurangi setengah dari poin yang tertera pada soal, dan pertanyaan tidak dilempar. Jika jawaban benar, tim yang menjawab akan ditambah poin sesuai yang tertera pada soal. Jika tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan (menandakan detik ke-21 (ke-31 untuk suugaku), maka seluruh tim akan dikurangi 10 poin. Jika ada tim yang memencet bel sebelum soal selsesai dibacakan maka dikurangi 15 poin. Soal bersifat rebutan.

3. Acak Kata

Menyusun kata agar menjadi kalimat yang baik dan benar. Satu kali pertandingan terdapat 5 soal yang diperebutkan melalui pemencetan bel. Terdapat 9 kata pilihan (termasuk partikel), dan peserta hanya boleh menyusun 5-8 kata dari pilihan tersebut. Peserta diberi waktu 30 detik untuk menjawab. Peserta dengan jawaban benar mendapat poin 100 dan jika salah dikurangi 50 poin. Jika tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan (detik ke-31) maka seluruh tim akan dikurangi 10 poin. Jika ada tim yang memencet bel sebelum soal selesai maka dikurangi 15. Soal bersifat rebutan dan tidak dilempar

- Setiap pertandingan akan diambil 2 tim terbaik untuk maju ke babak selanjutnya.

- Babak semi final terdiri dari 8 tim, yang akan disaring lagi menjadi 4 tim untuk babak final.

Babak Final

Terdapat hanya 1 kali pertandingan yang dibagi menjadi 3 babak, yaitu:

1. Maru Batsu

Ketentuan soal maru batsu sama seperti babak sebelumnya. Soal terdiri dari 15 soal. Soal benar bernilai 20 poin, Akan tetapi apabila salah menjawab akan dikurangi 5 poin.

2. Kotak Final

Terdapat 25 soal kotak yang harus dijawab oleh peserta. Soal terdiri dari goi, bunka, ippan, rekishi, bunpo, gesture, dan suugaku. Peserta diberi waktu 25 detik (35 detik untuk suugaku) untuk menjawab. Nilai berkisar antara 100-200 poin. Jika jawaban benar, tim yang menjawab akan ditambah poin sesuai yang tertera pada soal. Jika jawaban salah tim yang menjawab akan dikurangi sesuai poin. Pertanyaan akan dilempar pada tim lain. Jika setelah peluit dibunyikan (menandakan berakhirnya kesempatan untuk menjawab soal, detik ke-26 (ke-36 untuk suugaku) dan tidak ada peserta yang memencet bel, maka seluruh tim akan dikurangi 20 poin. Soal bersifat rebutan. Jika ada tim yang memencet bel sebelum soal selesai dibacakan maka tim tersebut dikurangi 20 poin.

Babak Rebutan

Terdapat 15 soal dengan lima jenis soal yang berbeda:

- Jika ada tim yang memencet bel sebelum soal dibacakan maka tim tersebut dikurangi 20 poin.

1. Mengisi kalimat rumpang dalam bahasa Jepang. Soal bernilai 100-150 poin. Peserta diberi waktu 15 detik. Apabila salah menjawab, tim yang menjawab dikurangi dengan poin yang tertera pada soal. Jika dalam satu pertanyaan tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan, maka seluruh tim akan dikurangi 20 poin;

2. Soal puzzle yang berupa delapan kotak yang menutupi sebuah gambar dan setiap kotak yang dibuka kecuali kotak pertama (setiap 5 detik) bernilai -10 poin poin awal 70.

3. Menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jepang. Jawaban benar bernilai 80-150 poin tergantung tingkat kesulitan soal. Peserta diberi waktu 15 detik. Jika dalam satupertanyaan tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan, maka seluruh tim akan dikurangi 20 poin.

4. Soal Bunka yang berhubungan dengan mitologi Jepang. Peserta diberi waktu 15 detik untuk beripikir serta menjawab soal. Soal bernilai 50-100 poin. Apabila salah menjawab, tim yang menjawab dikurangi dengan poin yang tertera pada soal. Jika dalam satu pertanyaan tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan, maka seluruh tim akan dikurangi 20 poin.

5. Soal menjelaskan gambar. Soal berupa gambar dan peserta menjawab dengan menjelaskan maksud gambar yang tertera dalam bahasa Jepang. Setiap peserta diberi waktu 15 detik untuk berpikir dan menjawab soal. Soal bernilai 100-150 poin. Apabila salah menjawab, tim yang menjawab dikurangi dengan poin yang tertera pada soal. Jika dalam satu pertanyaan tidak ada yang menjawab pada saat peluit dibunyikan, maka seluruh tim akan dikurangi 20 poin.

• Babak Final terdiri dari 4 tim yang nantinya langsung ditentukan juara 1,2, dan 3

C. Peraturan

• Lomba

• Sebelum pertandingan dimulai, peserta diharuskan mempersiapkan diri dalam waktu 5 menit. Jika setelah 5 menit tersebut peserta belum datang, maka akan dipanggil 3 kali oleh MC, dan jika dengan 3 kali panggilan tersebut peserta tidak hadir, maka secara otomatis akan didiskualifikasi.

• Untuk babak penyisihan, apabila terlambat diperbolehkan untuk mengikuti lomba namun tidak ada tambahan waktu untuk menjawab soal.

• Saat lomba babak penyisihan berlangsung, hanya panitia dan peserta yang boleh berada di dalam ruangan.

• Peraturan dibacakan hanya satu kali disetiap babak. Peserta wajib mencermati peraturan yang dibacakan oleh MC

• Peserta dilarang membawa dan menggunakan buku dan handphone saat maju.

• Peserta diharuskan mencermati pertanyaan yang ada. Jika pertanyaan menulis, dapat mengambil kertas yang disediakan panitia. Jika pertanyaan menjawab, peserta dapat menggunakan mikrofon yang disediakan panitia, dsb.

• Sebelum memencet bel, tangan peserta harus berada di samping bel dan tidak boleh menyentuh area sekitar bel.

• Peserta dilarang memencet bel secara kasar atau merusak bel. Jika demikian maka nilai akan dikurangi 50 poin untuk teguran pertama. Dalam teguran kedua akan dikurangi 100. Apabila bel yang digunakan rusak setelah dipencet secara kasar, maka akan dimintakan ganti rugi terhadap bel tersebut.

• Untuk suugaku, peserta diperbolehkan mulai menghitung saat soal dibacakan. Peserta diperbolehkan menggunakan kertas yang disediakan panitia untuk media menghitung.

• Nilai akhir adalah akumulasi nilai setiap babak (maru batsu, kotak, dst), bukan akumulasi dari babak sebelumnya.

• Jika ada 2 tim atau lebih mempunyai nilai sama pada akhir setiap babak inti, maka akan ada pertanyaan rebutan untuk menentukan tim yang akan maju ke babak selanjutnya. Tetapi jika tim yang nilainya sama itu tidak mampu menjawab maksimal 3 soal rebutan tersebut, maka tim yang akan maju ke babak selanjutnya akan ditentukan dengan pemencetan bel.

• Keputusan juri adalah sah dan tidak dapat diganggu gugat.

• Pendamping dan Pengunjung

• Penonton atau supporter dilarang memberikan petunjuk jawaban dalam bentuk apapun kepada para peserta. Jika demikian, maka nilai peserta dari sekolah tersebut akan dikurangi 200 poin.

• Penonton diwajibkan tenang saat pertandingan berlangsung dan hanya boleh bertepuk tangan saat awal (pemanggilan tim) dan akhir pertandingan.

D. Kriteria Penilaian

Peserta dianggap menang apabila lolos dari semua babak perlombaan.yaitu babak penyisihan dan babak perempat final, babak semi final dan babak final

PERATURAN LOMBA CERDAS CERMAT KLIK DISINI

Contact Person Lomba Cerdas Cermat : Yohanna (085939744814 (WA))

HADIAH LOMBA CERDAS CERMAT

Juara 1 : Rp. 800.000 + Trophy +Sertifikat

Juara 2 : Rp. 600.000 + Trophy +Sertifikat

Juara 3 : Rp. 350.000 + Trophy +Sertifikat

Sosial Media Kami

Sponsor & Media Partner Kami

Sponsor & Media Partner